SKEMA SERTIFIKASI KKNI LEVEL II PADA KOMPETENSI KEAHLIAN PERHOTELAN 

Pembersihan Lokasi/Area dan Peralatan

NO KODE UNIT UNIT KOMPETENSI
1. .LAN.CL 10.01/ PARUJ.03.044.01 Berkomunikasi secara lisan dalam Bahasa lnggris pada tingkat operasional dasar
2. D1 .HOT.CL 1.01 Bekeriasama dengan kolega dan pelanggan
3. D1 .HOT.CL 1.02 Bekeria dalam linqkunqan sosial yang berbeda
4. D1 .HOT.CL 1.03 Mengikuti prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Keria
5. D1 .HOT.CL 1.04 Mengikuti prosedur kebersihan tempat Keria
6. D1 .HOT.CL 1.09 Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan tentana industri oariwisata
7. D1 .HHK.CL3.02 Membersihkan lokasi/area dan peralatan
8. D1 .HSS CL4 09 Menvediakan fasilitas kehilangan dan penemuan  barang

 

Penyiapan Kamar Untuk Tamu

No Kode Unit

KomPetensi

Unit kompetensi                                 .
1 D1 .LAN.CL 10.01/ PARUJ.03.044.01 Berkomunikasi secara lisan dalam bahasa lnggris pad a tingkat operasional dasar
2. D1 .HOT.CL 1.01 Bekeriasama dengan kolega dan pelanggan
3. D1 .HOT.CL 1.02 Bekeria dalam lingkunqan sosial yang berbeda
4. D1 .HOT.CL 1.03 Mengikuti prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan  Keria
5. D1 .HOT CL 1.04 Mengikuti prosedur kebersihan tempat Keria
6. D1 .HOT CL 1.07 Berkomunikasi melalui telepon
7. D1 .HOT.CL 1.09 Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan tentang industri oariwisata
8. D1 .HOT.CL 1.11 Menangani situasi konflik
9. D1 .HHK.CL3.01 Menyediakan jasa housekeeping untuk tamu
10. D1 .HHK.CL3.03 Menyiapkan kamar untuk tamu
11. D1 .HSS.CL4.09 Menyediakan fasilitas kehilanqan dan penemuan barang

 

Penanganan Linen dan Pakaian Tamu

No Kade Unit

Komoetensi

UNIT KOMPETENSI
1. D1.LAN.CL1001/ PARUJ.03.044.01 Berkomunikasi secara lisan dalam bahasa lnggris pad a tingkat operasional dasar
2. D1 .HOT.CL 1.01 Bekeriasama dengan kolega dan pelanggan
3. D1 .HOT.CL 1.03 Mengikuti prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan  Keria
4. D1 .HOT.CL 1.04 Mengikuti prosedur kebersihan tempat Keria
5. D1 .HOT.CL 1.05 Melakukan prosedur administrasi
6. D1 .HOT.CL 1.07 Berkomunikasi melalui telepon
7. D1 .HOT.CL 1.09 Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan tentang industri pariwisata
8. D1 .HHKCL3.05 Menyediakan Linen dan Pakaian Tamu

 

Penyediaan Layanan Jasa Porter

No Kade Unit UNIT KOMPETENSI
1. D1 .LAN.CL 10.01/ PARUJ.03044.01 Berkomunikasi secara lisan dalam bahasa lnggris pad a tingkat operasional dasar
2. D1 .HOT.CL 1.01 Bekeriasama dencan  kolega dan pelanggan
3. D1 .HOT.CL 1.02 Bekeria dalam lingkungan sosial yang berbeda
4. D1 .HOT.CL 1.03 Mengikuti prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Keria
5. D1 .HOT CL 1.04 Mengikuti prosedur kebersihan tempat Keria
6. D1 .HOT CL 1.07 Berkomunikasi melalui telepon
7. D1 .HOT.CL 1.09 Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan tentang industri pariwisata
8. D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan
9. D1 .HFO.CL2.07 Menyediakan layanan bell boy/porter

 

Penerimaan dan Pemrosesan Reservasi Kamar

No Kode llJnit

Komoetensi

Unit’1Kompetensi
1. D1 .LAN.CL 10.01/ PARUJ.03.044.01 Berkomunikasi secara lisan dalam bahasa lnggris pada tingkat operasional dasar
2. D1 .HOT.CL 1.01 Bekeriasama dengan kolega dan pelanggan
3. D1 .HOT.CL 1.02 Bekeria dalam lingkungan sosial yang berbeda
4. D1 .HOT.CL 1.05 Melakukan prosedur administrasi
5. D1 .HOT.CL 1.06 Mencari dan mendapatkan data computer
6. D1 .HOT.CL 1.07 Berkomunikasi melalui telepon
7. D1 .HOT.CL 1.09 Mengembangkan dan memperbaharui  pengetahuan  tentang industri p[ariwisata
8. D1 .HOT.CL 1.10 Mempromosikan produk dan iasa kepada pelanggan
9. D1 .HFO.CL2.01 Menerima dan memproses reservasi

 

Penyediaan Layanan Akomodasi Reception

No Kode Unit’ Komoetensi Unit Kompetensi
1. D1.LAN.CL10.01/ PARUJ.03044 01 Berkomunikasi secara lisan dalam bahasa lnggris pada tingkat operasional dasar
2. D1 .HOT.CL 1.01 Bekerjasama dengan kolega dan pelanggan
3 D1 .HOT.CL 1.02 Bekeria dalam lingkungan sosial yang berbeda
4. D1 .HOT.CL 1.05 Melakukan prosedur administrasi
5. D1 .HOT.CL 1.06 Mencari dan mendapatkan data computer
6. D1 .HOT CL 1.07 Berkomunikasi melalui telepon
7. D1 .HOT.CL 1.09 Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan tentang  industri pariwisata
8. D1.HOT.CL1.10 Mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan
9. D1 .HOT.CL1 .11 Menangani situasi konflik
10. D1  HFA.CL2 01 Memproses transaksi keuangan
11. D1.HFO.CL203 Menyediakan layanan akomodasi reception