SKEMA SERTIFIKASI SERTIFIKAT II BIDANG KANTOR DEPAN

(CERTIFICATE II IN FRONT OFFICE

Jenis Kemasan  : KKNI / Okupasi Nasional / Kualifikasi

Rincian Unit Kompetensi atau Uraian Tugas

NO KODE UNIT JUDUL UNIT
01 PAR.HT-CR.001.02 Bekerjasama secara efektif dengan kolega dan pelanggan
D1.HOT.CL1.01 Work effectively with colleagues and customers
02 PAR.HT-CR.002.02 Bekerja dalam lingkungan sosial yang berbeda
D1.HOT.CL1.02 Work in a socially diverse environment
03 PAR.HT-CR.003.02 Menerapkan prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
D1.HOT.CL1.03 Implement occupational health and safety procedures
04 PAR.HT-FO.005.02 Melakukankan prosedur administrasi
D1.HOT.CL1.05 Perform basic clerical procedures
05 PAR.HT-CT.001.02 Mencari dan mendapatkan data computer
D1.HOT.CL1.06 Access and retrieve computer-based data
06 PAR.HT-FO.006.02 Berkomunikasi secara efektif melalui telepon
D1.HOT.CL1.07 Communicate effectively on the telephone
07 PAR.HT-CR.004.02 Memelihara pengetahuan industri perhotelan
D1.HOT.CL1.08 Maintain hospitality industry knowledge
08 PAR.HT-CS.002.02 Mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan
D1.HOT.CL1.10 Promote hospitality pruducts and services
09 PAR.HT-HS.003.02 Melakukan prosedur dasar pertolongan pertama
D1.HOT.CL1.12 Perform basic First Aid Procedures
10 PAR.HT-CR.013.02 Melaksanakan tugas perlindungan anak yang relevan dengan industri pariwisata
D1.HOT.CL1.13 Perform child protection duties relevant to the tourism industry
11 PAR.HT-LD.004.02 Membangun dan memelihara tempat kerja yang aman
D1.HSS.CL4.01 Establish and maintain a safe and secure workplace
12 PAR.UJ03.005.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
D1.LAN.CL1.01 Speak english at a basic operational level
Functional Competencies
1 PAR.HT02.017.01 Menerima Dan Memproses Reservasi
D1.HFO.CL2.01 Receive and process reservations
2 PAR.HT-FO.003.02 Menyediakan layanan akomodasi
D1.HFO.CL2.03 Provide accommodation services
3 PAR.HT-FO.004.02 Memelihara catatan keuangan tamu
D1.HFO.CL2.04 Maintain guests’ financial records
4 PAR.HT-FO.006.02 Melakukan audit malam
D1.HFO.CL2.06 Conduct a night audit
5 PAR.HT-FO.007.02 Menyediakan layanan bell boy/porter
D1.HFO.CL2.07 Provide Bell Boy / Porter services
6 PAR.HT-FO.012.02 Menyediakan layanan informasi (IDD) internasional
D1.HFO.CL2.12 Provide international (IDD) service information
7 PAR.HT-HS.001.02 Mengikuti prosedur kebersihan tempat kerja
D1.HOT.CL1.04 Comply with workplace hygiene procedures
8 PAR.HT-CS.003.02 Menangani dan menyelesaikan situasi konflik
D1.HOT.CL1.11 Manage and resolve conflict situations
9 PAR.HT02.046.01 Menyediakan fasilitas kehilangan dan penemuan barang
D1.HSS.CL4.09 Provide a lost and found facility
10 PAR.HT-CS.001.02 Meningkatkan dan memperbaharui pengetahuan lokal
D1.HSM.CL5.04 Develop and update local knowledge

SKEMA SERTIFIKASI SERTIFIKAT II BIDANG TATA GRAHA (CERTIFICATE II IN HOUSEKEEPING

KKNI / Okupasi Nasional / Kualifikasi

Rincian Unit Kompetensi atau Uraian Tugas

NO KODE UNIT JUDUL UNIT
01 PAR.HT-CR.001.02 Bekerjasama secara efektif dengan kolega dan pelanggan
D1.HOT.CL1.01 Work effectively with colleagues and customers
02 PAR.HT-CR.002.02 Bekerja dalam lingkungan sosial yang berbeda
D1.HOT.CL1.02 Work in a socially diverse environment
03 PAR.HT-CR.003.02 Menerapkan prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
D1.HOT.CL1.03 Implement occupational health and safety procedures
04 PAR.HT-FO.005.02 Melakukankan prosedur administrasi
D1.HOT.CL1.05 Perform basic clerical procedures
05 PAR.HT-CS.002.02 Mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan
D1.HOT.CL1.10 Promote hospitality pruducts and services
06 PAR.HT-CS.003.02 Menangani dan menyelesaikan situasi konflik
D1.HOT.CL1.11 Manage and resolve conflict situations
07 PAR.HT-HS.003.02 Melakukan prosedur dasar pertolongan pertama
D1.HOT.CL1.12 Perform basic First Aid Procedures
08 PAR.HT-LD.004.02 Melaksanakan tugas perlindungan anak yang relevan dengan industri pariwisata
D1.HOT.CL1.13 Perform child protection duties relevant to the tourism industry
09 PAR.UJ03.005.01 Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
D1.LAN.CL1.01 Speak english at a basic operational level
Functional Competencies
01 PAR.HT-HK.001.02 Menyediakan jasa tata graha untuk tamu
D1.HHK.CL3.01 Provide housekeeping services to guests
02 PAR.HT-HK.002.02 Membersihkan lokasi/area dan peralatan
D1.HHK.CL3.02 Clean public areas, facilities and equipment
03 PAR.HT-HK.003.02 Membersihkan dan menyiapkan kamar tamu
D1.HHK.CL3.03 Clean and prepare rooms for in-coming guests
04 PAR.HT-HK.005.02 Mencuci seprei dan pakaian tamu
D1.HHK.CL3.05 Launder linen and guests clothes
05 PAR.HT-HK.006.02 Menyediakan jasa valet
D1.HHK.CL3.06 Provide valet services
06 PAR.HT.02.038.01 Mengawal dan membawa barang-barang berharga
D1.HSS.CL4.08 Escort, carry and store valuable items
07 PAR.HT-CS.001.02  Meningkatkan dan memperbaharui pengetahuan local
D1.HSM.CL5.04 Develop and update local knowledge
08 PAR.HT-CR.004.02 Memelihara pengetahuan industri perhotelan
D1.HOT.CL1.08 Maintain hospitality industry knowledge
09 PAR.HT-CT.001.02 Mencari dan mendapatkan data computer
D1.HOT.CL1.06 Access and retrieve computer-based data
10 PAR.HT01.004.01 Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan tentang industri pariwisata
D1.HOT.CL1.09 Develop and update tourism industry knowledge